Selain faktor fundamental seperti
produksi, musim, iklim/cuaca, perilaku pelaku usahapadasetiaprantaidistribusipanganpokokjugasangatmenentukanhargadariprodusenhingga konsumen akhir.Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi
komponen biayapembentuk harga serta
margin pengangkutan dan perdagangan (MPP). Metode analisisyang digunakan adalah pendekatan
deskriptif kuantitatif dengan mengelaborasi strukturharga komoditi yang diuraikan dalam komponen pembentuk harga
komoditi lokal danimpor,sertaMarginPengangkutandanPerdagangan.Hasilanalisismenunjukkanbahwa komponen biaya pembentuk harga masing-masing komoditi
bervariasi baik nilaimaupunpersentasenya.Proporsikomponenbiayayangpalingbesaryaitubiayahandling & EMKL serta handling cost,
biaya transportasi, biaya Gudang, serta biayapengemasan.Variasi margin
pemasaran pada setiap komoditi sangat dipengaruhi olehbesarnya komponen biaya dan keuntungan pada setiap tingkatan jalur
distribusi danmempengaruhi nilai
total margin pengangkutan dan pemasaran (MPP).Total MPPkomoditi pangan
pokok lebih dari 20% yaitu beras, gula, bawang putih, daging sapi dancabai, sedangkan total MPP kurang dari 10%
yaitu jagung dan kedelai.Dalam jangkapanjang, pemerintah dapat membuat regulasi
terhadap pelaku usaha distribusi agarpendistribusianpanganmenjadilebihefisiensehinggaMarginPengangkutandanPerdagangandisetiapjalurdistribusilebihmerata.