Industri perawatan tubuh dan kosmetik di Indonesia merupakan sektor
yang terus berkembang seiring dengan gaya hidup masyarakat yang semakin
memperhatikan sisi estetika. Walaupun produk perawatan tubuh dan kosmetik
turut menyumbang surplus perdagangan Indonesia pada tahun 2022, tetapi
ekspor produk perawatan tubuh dan kosmetik Indonesia masih sangat kecil jika
dibandingkan dengan impor dunia terhadap produk ini. Analisis ini ditujukan untuk
memberikan rekomendasi strategi peningkatan ekspor produk perawatan tubuh
dan kosmetik yang dibagi dalam delapan jenis produk yaitu HS 3301 Essential Oil,
HS 3302 Fragrance and Flavors, HS 3303 Perfume, HS 3304 Make-up, Skin and
Nail Care, HS 3305 Hair Care, HS 3306 Dental Care, HS 3307 Deodorants,
Shaving & Other Personal Care dan HS 3401 Soap and Bathing Product.
Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer
dikumpulkan dengan mengunjungi dan melakukan FGD dengan perusahaan-
perusahaan yang sudah melakukan ekspor. Pada kunjungan dan FGD dilakukan
diskusi mengenai strategi yang dilakukan untuk memenangkan persaingan di
pasar internasional. Data sekunder dikumpulkan dari berbagai literatur serta
website terutama mengenai data-data ekspor produk kecantikan Indonesia.
Metode yang digunakan adalah analisis constant market share (CMS) dan
analisis internal eksternal (IE). Analisis CMS bertujuan untuk mengetahui
penyebab pertumbuhan/penurunan ekspor produk kecantikan Indonesia untuk
kedelapan HS di lima lokasi/benua yaitu Asia, Eropa, Amerika Latin, Oseania dan
Afrika. Sedangkan analisis IE bertujuan untuk menghasilkan strategi yang dapat
dilakukan oleh produk kecantikan Indonesia di kelima pasar tersebut setelah
sebelumnya didentifikasi masing-masing kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman.
Dari hasil analisis CMS (Constant Market Share) di lima kawasan Asia,
Eropa, Afrika, Amerika Latin, dan Oceania menunjukkan bahwa secara umum
strategi peningkatan ekspor yang perlu dilakukan adalah penetrasi pasar dan
pengembangan pasar. Sedangkan pada Analisis Internal External (IE) juga
menunjukkan bahwa dari sisi internal industri produk perawatan tubuh danPuska EIPP, BKPerdag, Kementerian Perdagangan, 2023 iv
kosmetik secara umum sudah cukup baik, demikian juga respon industri terhadap
faktor-faktor eksternal. Analisis internal eksternal (IE) juga menunjukkan bahwa
produk perawatan tubuh dan kosmetik memerlukan ketersediaan infrastruktur
untuk memenuhi standar sertifikasi dan industri pendukung lainnya serta brand
image produk merupakan aspek penting agar produk dapat dikenal dan diperlukan
sebelum memasuki dan bersaing di pasar global. Selain itu, perlu strategi
kebijakan mendorong kemampuan produksi, pemasaran, maupun ekspor produk
perawatan tubuh dan kosmetik melalui pendekatan kelompok produk. Namun
demikian, masih terdapat ruang untuk dilakukan analisis lebih mendalam
mempertimbangkan masih terbatasnya jumlah pelaku usaha yang dapat disurvei
serta kelengkapan informasi berbagai faktor internal maupun eksternal yang
dihadapi industri pada masing-masing kelompok produk.
Kata Kunci: perawatan tubuh dan kosmetik, Analisis Internal External (IE),
Constant Market Share, strategi peningkatan ekspor.