Gambar | Penulis | Judul & Informasi |
---|---|---|
Ari Satria
|
Menakar Peluang Ekspor Produk Halal IndonesiaDiterbitkan pada 24 October 2024Produk halal telah menjadi salah satu preferensi konsumen global. Selama dua dekade terakhir, telah terjadi pergeseran ceruk pasar produk halal dan tidak lagi eksklusif bagi pasar konsumen muslim. Perdagangan produk halal telah menjadi fenomena pasar global yang dinamis yang berpeluang tumbuh lebih besar di tahun-tahun mendatang. Bahkan, data International Trade Centre (ITC) menunjukkan impor dunia untuk produk halal unggulan mengalami pertumbuhan positif sebesar 8,58% per tahun pada periode 2019—2023. Baca Selengkapnya |
|
Iqbal Musyaffa
|
Kebijakan Perdagangan Jadi Instrumen Pelestarian LingkunganDiterbitkan pada 24 September 2024Bumi yang kita tempati kini terasa semakin panas serta bencana alam akibat degradasi alam kian sering terjadi. Kondisi tersebut membuat pembicaraan dan diskusi terkait upaya untuk bisa memitigasi dampak lingkungan akibat dari perubahan iklim semakin marak diperbincangkan dalam berbagai forum. Salah satu pembahasan yang mulai mengemuka adalah upaya memitigasi dampak perubahan iklim melalui kebijakan perdagangan yang tepat. Bila dipahami lebih komprehensif, aktivitas perdagangan memiliki dampak yang signifikan pada kondisi lingkungan hidup secara global. Baca Selengkapnya |
|
Ari Satria
|
Penguatan Peran Perempuan Dalam Aktivitas PerdaganganDiterbitkan pada 14 September 2024Perempuan telah lama menjadi bagian integral dalam aktivitas perdagangan. Peran mereka dalam perdagangan baik di pasar tradisional hingga pasar global memiliki kontribusi yang begitu signifikan. Sejak zaman dahulu perempuan telah terlibat aktif dalam perdagangan. Pada era modern, peran perempuan dalam perdagangan semakin kompleks dan beragam. Mereka tidak hanya sebagai pedagang kecil, tetapi juga sebagai pengusaha besar, eksekutif perusahaan multinasional, dan pemimpin organisasi perdagangan. Beberapa peran penting perempuan dalam perdagangan modern antara lain sebagai pengusaha usaha kecil dan menengah (UKM). Perempuan menjadi tulang punggung UKM di banyak negara. Baca Selengkapnya |
|
Ari Satria
|
Akselerasi Pertumbuhan Perdagangan Produk KreatifDiterbitkan pada 23 July 2024Indonesia sedang dalam tren positif pada kinerja perdagangan yang selalu mencatat surplus neraca perdagangan selama lebih dari 4 tahun terakhir. Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah agar dapat terus mempertahankan tren positif ini, salah satunya melalui pengembangan perdagangan barang dan jasa dari sektor produk ekonomi kreatif. Baca Selengkapnya |
|
Ari Satria
|
Menjaga Momentum Keberlanjutan Surplus Neraca Perdagangan IndonesiaDiterbitkan pada 21 June 2024Badan Pusat Statistik (BPS) pada 19 Juni 2024 dalam rilisnya mencatat Indonesia kembali meraih surplus neraca perdagangan sebesar USD2,93 miliar pada bulan Mei 2024, sehingga secara akumulatif neraca perdagangan mengalami surplus selama 49 bulan berturut-turut. Capaian ini tentu bukan sesuatu yang mudah di tengah kondisi geopolitik global yang terus bergejolak sehingga mempengaruhi konstelasi perdagangan dunia yang kian tidak menentu. Konflik yang terjadi di beberapa kawasan telah menyebabkan gangguan pada jalur logistik, distribusi, dan rantai pasok global. Baca Selengkapnya |
|
Ari Satria
|
Perdagangan Hijau Indonesia, Untuk Siapa?Diterbitkan pada 28 May 2024Satu atau dua dekade lalu, belum banyak orang ataupun lembaga internasional yang menaruh perhatian ataupun mengaitkan isu lingkungan dan perdagangan. Isu lingkungan dan perdagangan saat itu masih dianggap sebagai dua kutub berseberangan. Namun, seiring waktu irisan antara kebijakan lingkungan dengan aktivitas perdagangan internasional kian besar. Baca Selengkapnya |
|
Iqbal Musyaffa
|
Mewaspadai Dampak Agresivitas Kebijakan Lingkungan Eropa terhadap Aktivitas Ekspor IndonesiaDiterbitkan pada 22 November 2023Perubahan iklim berpotensi mengubah struktur perekonomian global khususnya dalam tata cara pengelolaan sumber daya, investasi, dan kebijakan pembangunan. Perubahan iklim juga memberikan pengaruh pada pola produksi dan ekspor suatu negara yang kemudian menyebabkan perubahan pada pola perdagangan. Baca Selengkapnya |
|
Aziza Rahmaniar Salam
|
Transisi Energi pada Keketuaan Indonesia di ASEANDiterbitkan pada 08 August 2023Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan International Trade Analysis and Policy Studies (ITAPS) FEM IPB, The Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), dan SMERU beberapa waktu lalu menyelenggarakan High Level Policy Dialoqueb (HLPD). Tema yang diangkat adalah Transisi Energi atau yang sesuai dengan pilar 3 dalam keketuaan Indonesia di ASEAN. Baca Selengkapnya |
|
Iqbal Musyaffa
|
Mengusung Kembali Kejayaan Rempah Tanpa Pertumpahan DarahDiterbitkan pada 06 November 2022Pesona rempah-rempah Indonesia sudah mengglobal jauh sebelum abad masehi, melalui aktivitas perdagangan komoditas tersebut di Jalur Sutera hingga jalur Dupa Romawi. Bahkan juga sampai ke Afrika Timur, yakni pada sekitar abad 5 SM hingga abad 11 Masehi.Daya tarik dari tanaman herbal dan bumbu dapur atau rempah-rempah yang banyak terdapat di Nusantara juga mengundang bangsa Eropa untuk datang pada ratusan tahun yang lalu. Bangsa Eropa yang pertama kali menjejakkan kaki di bumi Nusantara adalah Portugal. Niat awal hanya ingin berniaga rempah-rempah, berganti menjadi hasrat untuk menguasai dan memonopoli perdagangan, kemudian diikuti oleh Belanda melalui Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang juga datang untuk mengeksploitasi kekayaan alam tersebut dan menjadi cikal bakal penjajahan di Indonesia. Ratusan tahun bangsa Eropa menjejakkan kaki dan kuasanya di Indonesia hingga akhirnya negara ini mendapatkan kemerdekaannya setelah proklamasi pada 17 Agustus 1945. Kini, setelah merdeka seyogyanya rempah-rempah dapat semakin ditonjolkan sebagai primadona komoditas ekspor perdagangan Indonesia. Baca Selengkapnya |
|
Iqbal Musyaffa
|
Waspada Skema Ponzi dalam Perdagangan DigitalDiterbitkan pada 24 July 2022Perkembangan zaman yang semakin pesat khususnya di era digitalisasi saat ini nyatanya justru dimanfaatkan oleh praktik bisnis yang menggunakan skema Ponzi dengan modus dan jenis usaha yang kian beragam. Maraknya praktik penjualan digital baik melalui e-commerce ataupun perorangan juga dapat disusupi oleh praktik yang menggunakan skema Ponzi, khususnya pada layanan jasa penitipan pembelian barang (jastip). Baca Selengkapnya |
|
Rachmad Erland Danny D
|
Menakar Arah Kebijakan E-Commerce IndonesiaDiterbitkan pada 03 July 2022Perdagangan melalui sistem elektronik atau biasa disebut niaga elektronik/e-commerce menjadi penyumbang pertumbuhan terbesar ekonomi digital di Indonesia. Pada 2030 peran e-commerce diperkirakan akan mencapai lebih dari 33% dari total nilai ekosistem ekonomi digital Indonesia. Baca Selengkapnya |
|
Suci Fariani Utami Sarianto
|
Seberapa Penting Pemanfaatan Perjanjian Dagang Bilateral IndonesiaDiterbitkan pada 08 June 2022Perjanjian dagang memungkinkan disepakatinya preferensi tarif antarnegara mitra perjanjian. Penurunan tarif secara otomatis akan berlaku pada barang dengan surat keterangan asal (SKA) yang sesuai dengan negara yang bersepakat. Indonesia telah menyepakati dan mengimplementasikan lebih dari 20 perjanjian dagang hingga 2022. Baca Selengkapnya |
|
Immanuel Lingga
|
Mengakselerasi Ekspor Produk Sawit Bernilai TinggiDiterbitkan pada 07 June 2022Sejak awal 2020 sejatinya terjadi tren kenaikan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) global. Bahkan kalau mau ditarik garis lagi, sejak periode awal pandemi covid-19 harganya terus menanjak naik. Pergerakan harga ini dipengaruhi oleh commodity supercyle yang berada pada fase ekspansi hingga setidaknya satu dekade mendatang. Baca Selengkapnya |