Kegiatan pengembangan ini dilaksanakan dalam rangka Mendorong UMKM
untuk mampu meningkatkan akses pasar melalui pemasaran online dengan
melakukan kerjasama dengan Lembaga jasa pemasaran online seperti
marketplace lokal agar UMKM mampu meningkatkan penjualannya melalui
online tanpa harus melakukan pemasaran online sendiri.
Pengembangan ini meliputi studi literatur, diskusi terbatas, Program
Inkubasi yang meliputi a). Program pelatihan terkait model bisnis jasa pemasaran
online dan kunjungan lapang ke lokasi Kampung Marketer di. Dengan program
pelatihan tersebut para peserta Inkubasi (Si Opang dan Topur) mendapatkan
pandangan mengenai posisi saat ini bisnis mereka berada dan inovasi apa yang
perlu dilakukan dimasa inkubasi maupun paska inkubasi. b). Peserta Inkubasi
melakukan sosialisasi di wilayahnya masing-masing dengan target UMKM yang
diharapkan dapat bekerja sama dengan mereka dengan dukungan dari puska
dagri. c). Pendampingan kepada peserta inkubasi (Si Opang dan Topur) dalam
rangka meyakinkan UMKM untuk bekerjasama dengan mereka dan
mendapatkan hasil yang baik. Pengembangan ini diselenggarakan secara
swakelola oleh Pusat Pengkajian Perdagangan Dalam Negeri yang terdiri dari
tim peneliti internal bidang pelaku dan jasa perdagangan.