Loading Kementerian Perdagangan Ri
logo
Minggu, 19 Mei 2024

Infografis Trade Policy Advisory Group #4 Linking MSMEs with Large Firm to Go Global

Penyusun

BKPerdag, ERIA, ITAPS 

Tanggal

Jum'at, 30 Desember 2022

Kontribusi UMKM dalam ekspor nasional harus dipandang secara lebih luas dengan mempertimbangkan kontribusi langsung dan kontribusi tidak langsung. Dengan demikian strategi untuk meningkatkan kontribusi ekspor UMKM tidak selalu dapat diartikan sebagai upaya mendorong UMKM untuk mengekspor produknya, melainkan dapat juga dilakukan dengan meningkatkan partisipasi UMKM dalam domestic value chain dengan perusahaan besar yang berorientasi ekspor. Untuk meningkatkan kontribusi UMKM dalam ekspor nasional, pemerintah perlu mempertimbangkan kebijakan yang disesuaikan dengan karakter dari UMKM. Beberapa opsi kebijakan yang dapat diambil diantaranya adalah pendekatan aglomerasi untuk UMKM manufaktur, perbaikan packaging dan shelf life untuk UMKM pada industri tradisional seperti pengolahan pangan.  Kebijakan yang bersifat spesifik tersebut juga dapat dirumuskan berbasiskan life cycle UMKM, dengan mempertimbangkan adanya UMKM yang memiliki karakter born-global yang umumnya ditemukan pada UMKM yang berbasiskan teknologi digital.

Kementerian Perdagangan memiliki peran yang sentral dalam pengembangan UMKM ekspor dalam berbagai aspek. Pertama pada aspek produksi, Kemendag dapat mengambil peran dalam menjamin ketersediaan pasokan bahan baku. Kedua, Kemendag dapat mendorong proses link and match antara UMKM dan usaha besar atau aggregator sebagai channel dalam melakukan ekspor dan atau mengoptimalkan kebijakan eksisting seperti TKDN dengan pendekatan localization of supply chain. Ketiga dalam aspek pemasaran, Kemendag dapat meningkatkan akses UMKM ke pasar global melalui perjanjian perdagangan internasional, memberikan Market Intelligence untuk UMKM melalui informasi yang didapatkan dari atase perdagangan dan ITPC, pendampingan kepada UMKM dalam proses ekspor dan sertifikasi, dan optimalisasi trading house, expo, dan business matching sebagai channel pemasaran UMKM. 


*) Artikel telah dilihat sebanyak 1371 kali

Tentang Kami

wave
Tugas dan Fungsi

Lihat Tugas dan Fungsi Badan Kebijakan Perdagangan.

Profil Pejabat

Lihat Profil Pejabat Badan Kebijakan Perdagangan

Transparansi Kinerja

Lihat Transparasi Kerja Badan Kebijakan Perdagangan

Struktur Organisasi

Lihat Struktur Organisasi Badan Kebijakan Perdagangan

Video Highlights

wave

Youtube BKPerdag

wave

Mitra Kerja Sama

wave
PROSPERA
Universitas Gadjah Mada
PERHIMPUNAN EKONOMI PERTANIAN INDONESIA
The World Bank
Economic Research Institute for ASEAN and East AsiaEconomic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA)
Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor
Universitas Balikpapan (UNIBA)
BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
Google
ADBI
ITC
Smeru
ISEI

Klik tombol Untuk Pencarian...

Chat via WhatsApp Admin BKPerdag akan membalas Anda Secepatnya.
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Klik Sini Untuk Memulai Chat...